Hindari Berita Hoax, Facebook Tampilkan Logo Sumber Berita - CNN Indonesia

Facebook akan menayangkan logo penerbit pada link berita yang dibagikan di platformnya. Logo penerbit ini dipasang untuk memberikan kemudahan bagi pembaca untuk mengenali penerbit dari tautan berita yang dibagikan di Facebook. Sebab, pengguna seringkali kesulitan mengidentifikasi sumber tautan tersebut. 

Facebook menyebutkan bahwa berdasarkan studi dari Pew Research Center56 persen responden bisa mengenali sumber berita dari link yang mereka lihat di media sosial. Sisanya tak dapat memastikan asal link tersebut. Dengan adanya logo penerbit pada berita yang dibagikan, diharapkan bisa membantu orang-orang yang kesulitan mengenali sumber berita ini. 

Sebagai permulaan, logo penerbit ini hanya khusus untuk artikel di bagian Trending dan Search saja. Nantinya, fitur ini akan diperluas ke semua link berita yang dibagikan di Facebook. Tak cuma menguntungkan pengguna agar yakin sumber berita yang mereka baca bukan berita bohong (hoax), fitur ini juga diharapkan bisa memperluas identitas penerbit dimata pembaca Facebook.


Untuk memanfaatkan fitur ini, penerbit bisa menggungah beberapa versi logo mereka melalui Brand Asset Library baru pada Page mereka di Facebook. Setelah logo dimasukkan dan dipilih tampilannya, maka logo akan muncul pada link yang bersumber dari penerbit tersebut.

Ini merupakan bagian dari proyek jurnalisme Facebook yang sempat digelontorkan beberapa waktu lalu. 

HALAMAN 2

0 Response to "Hindari Berita Hoax, Facebook Tampilkan Logo Sumber Berita - CNN Indonesia"

Post a Comment